Trik Menulis dengan 5W1H untuk Menulis Setiap Hari dan Buktikan yang Terjadi (Resume KBMN31 PGRI Pertemuan Pertama)

 




Narasumber            : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd.
Moderator               : Muliadi
Materi                     : Menulis Setiap Hari
Hari/ Tanggal          : Senin, 22 April 2024

Ini adalah merupakan pertemuan pertama kami di KBMN PGRI gelombang ke-31, menghadirkan Sang Founding Father sebagai narasumber dengan moderator Pak Muliadi.

Menulislah setiap hari untuk melatih keterampilan dan konsistensi kita dalam menulis. Kerangka menulis bisa sangat sederhana berupa:
Judul 
Pembukaan
Isi tulisan
Apa (What)
Siapa (Who)
Kapan (When)
Dimana (Where)
Mengapa (Why)
Bagaimana (How
Penutup 

Untuk mempraktikannya OmJay sapaan akrab Pak DR. Wijaya Kusumah memberikan tantangan dengan sebuah gambar sebagai berikut:

Tantangannya adalah : 
Sebuah foto dapat membuat kita menulis setiap hari. Silahkan anda menulis tentang kucing dari tiga ekor kucing ini di wa group. Tiga orang pertama akan mendapatkan hadiah gopay dari Omjay.

Dan saya pun mencoba mengaplikasikan ilmu 5w1h yang OmJay bagikan berdasarkan gambar di atas dan hasilnya sebagai berikut:

Hobi Memelihara Kucing

Memiliki binatang peliharaan adalah suatu hobi yang bisa menghilangkan stres. Sebagai contoh adalah memelihara kucing sebagai binatang kesayangan kita.
Apa(What)?
Kucing adalah binatang peliharaan yang dapat memberikan kita banyak manfaat dan kesenangan. Layaknya manusia kucing akan balik menyayang kita apabila kita juga menyayanginya dalam hal ini berlaku rumus take and give. 
Ini berlaku pada semua makhluk tuhan pada umumnya tidak terkecuali antara manusia dan kucing. 
Siapa(Who)?
Tidak semua orang suka memelihara kucing dengan berbagai alasan. Ada yang alergi terhadap bulunya, merasa geli, bahkan ada yang merasa jijik dan lain-lain.
Disamping itu sikap yang lucu, lincah, dan menggemaskan adalah beberapa alasan seseorang menyukai bahkan sangat menyayangi kucing.
Kapan(When)?
Kita bisa memelihara binatang peliharaan seperti kucing disela-sela kesibukan kita. Tentunya tidak ada hal yang tidak mungkin apabila kita mau melakukannya, tidak terkecuali dalam memelihara binatang peliharaan seperti kucing.
Dimana(Where)?
Dimana kita bisa memelihara kucing? Kita bisa melakukannya di rumah, tentunya dengan cara dan persiapan yang matang.
Artinya tidak asal memelihara kucing tanpa memperhatikan kesejahteraan binatang peliharaan kita tersebut, dengan menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan.
Mengapa(Why)?
Ada beberapa alasan positif untuk alasan kita memelihara kucing, diantaranya:
1. Menghilangkan stres
2. Berbagi kasih sayang
3. Disunnahkan oleh Nabi, karena kita tahu Nabi Besar kita Muhammad SAW. Memelihara kucing kesayangan yang dinamai Moza.
Bagaimana(How)?
Cara memelihara kucing bersifat fleksibel mengikuti tempat dan waktu yang kita miliki.
Dalam hal ini tentunya berbeda cara memelihara kucing di rumah perkampungan dengan memeliharanya di komplek perumahan dengan tempat yang terbatas.
Pertimbangan kebersihan (kesehatan) kucing dan pemiliknya, makanan, dan kebahagian kucing peliharaan kita adalah hal utama yang harus kita perhatikan menyesuaikan situasi dan kondisi lingkungan rumah kita.
Itulah pengalaman saya tentang hobi memelihara binatang kesayangan khususnya kucing di rumah kita. Semoga bermanfaat.

Itulah ilmu yang coba saya aplikasikan dari pemaparan materi hari ini, dan dari semua yang disampaikan dan juga dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul dapat disimpulkan:
Ide dan keterampilan menulis akan seiring sejalan dengan kebiasaan kita menulis dan membaca tulisan orang lain dalam hal ini OmJay mempunyai mantra ajaib yaitu "Menulislah setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi".

Wassalam... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemampuan Penulis Menulis Buku Digital Satu Keniscayaan (Resume KBMN30 PGRI pertemuan ke-16)

Majalah Sekolah Sebagai Panggung Kreasi, Inovasi, kolaborasi dan Informasi (Resume KBMN30 PGRI pertemuan ke-11)

Pemasaran dan Teknik Promosi Buku menuju Motivasi Menulis (Resume KBMN30PGRI pertemuan ke-20)