Perjalanan Menggali Potensi Diri



Tantangan (challenge) adalah sesuatu yang Penulis suka. Ketika seorang pimpinan (Pak Drs. H. Asep Jamal Nurarifin, M.Pd.) memberikan sebuah tantangan untuk membimbing siswa dalam sebuah lomba film pendek yang diselenggaran Direktorat PSMA penulis sempat berfikir ini adalah bidang yang sudah lama penulis tinggalkan dan hampir terlupakan.

Penulis pernah mendalami perfilman tahun 2007 ketika bertugas sebagai guru honorer di sebuah sekolah yang membuka eskul potografi dan perfilman namun akhirnya pada tahun 2010 penulis harus meninggalkan tugas tersebut karena harus fokus di sekolah tempat penulis kini bertugas sebagai PNS. 

Selanjutnya Penulis berinisiatif untuk meminta bantuan seorang alumni yang Penulis kenal baik beliau adalah Kak Syamsul Arifin, S.Sn. seorang alumni SMAN 9 Bekasi yang menyelesaikan pendidikanya di IKJ dan sekarang berprofesi sebagai sutradara.

Akhirnya dengan segala daya dan upaya ditengah dead line pengumpulan karya yang hanya menyisakan waktu tiga minggu. Penulis dan Kak Syamsul berhasil mengumpulkan siswa-siswi yang berminat. Kemudian dengan segala keterbatasan akhirnya kami berhasil menelurkan sebuah karya original siswa-siswi yang kami bimbing melalui sebuah film pendek yang berjudul "Hari Yang Baru". Walaupun kami belum bisa meraih juara tapi kami cukup bangga dengan partisipasi kami saat itu.

Inilah karya siswa-siswi yang kami bimbing :


dan kami juga release versi behind the scene (BTS) nya :


Tidak berhenti sampai disitu. Pimpinan memberikan tantangan baru kepada penulis untuk menyusun sebuah video profile sekolah. Kali ini dengan bermodalkan ilmu yang penulis dapat sebelumnya bersama Kak Syamsul, Penulis memberanikan diri untuk menyutradarai sendiri filmnya dan akhirnya Penulis juga bisa menyelesaikan tugas tersebut. Walaupun film yang dihasilkan bukan sekelas film professional.

Penasaran seperti apa filmnya, ini dia:


Sekarang penulis masih aktif dalam neyalurkan hobi ini dengan menjadi admin integrasi website sekolah: https://sman9kotabekasi.sch.id/ dengan channel Youtubenya: https://www.youtube.com/@sman9bekasiofficial  dimana Penulis meliput sendiri kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah lalu mengeditnya dan menjadikannya sebuah berita di website. Jangan lupa untuk berkunjung dan berikan like, komen, dan subscribenya yah. Terima kasih sebelumnya. Salam Literasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemampuan Penulis Menulis Buku Digital Satu Keniscayaan (Resume KBMN30 PGRI pertemuan ke-16)

Majalah Sekolah Sebagai Panggung Kreasi, Inovasi, kolaborasi dan Informasi (Resume KBMN30 PGRI pertemuan ke-11)

Pemasaran dan Teknik Promosi Buku menuju Motivasi Menulis (Resume KBMN30PGRI pertemuan ke-20)