Go Internasional dan Berprestasi Berkah Menulis (Resume KBMN30PGRI Pertemuan ke-27)

 


Narasumber                    : Rita Wati, M. Kom.

Moderator                        : Gina Dwi Septiani, S.Pd., M.Pd.

Materi                            : Berprestasi dan Go Internasional Berkah Menulis


Perkenalkan saya Gina Dwi Septiani sebagai moderator, yang akan membersamai Bapak dan Ibu semua dalam kelas belajar menulis malam ini🙏🏻

Izinkan saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Sebelum masuk Tim Solid, saya juga adalah salah satu Alumni Kelas Belajar Menulis Gelombang 27🙏🏻

Selain narasi di atas Moderator juga memperkenalkan Narasumber melalui laman https://www.cikgurita.com/2022/06/about-me.html?m=1

Lebih lengkapnya Bapak dan Ibu bisa mengikuti beliau di sini https://linktr.ee/cikgumilenial?fbclid=PAAaYl0S9ldr-yM7EuxDzS02kmaGs2lIesVc_dSnH1MhqvRlxB5uqpLy38wKM

Selanjutnya inilah rangkuman materinya:

Assalamualaikum wr wb.

Selamat malam salam sejahtera untuk Bpk/ibu hebat  di seluruh Indonesia yang telah bergabung di group menulis gelombang 30
Perkenalkan nama saya Rita Wati, M.Kom
Saya merupakan alumni Belajar Menulis bersama Omjay  Gelombang 10
Hari ini saya mendapatkan kehormatan kembali dari Omjay  dan team Solid yang telah mengundang saya untuk menjadi narasumber.
Saya mulai menjadi narsum di group ini sejak gel 16

Berprestasi dan do internasonal berkah menulis
memasuki gel 27 biasanya semangatnya sudah banyak yang pudar
seleksi alam mulai berlaku
saya adalah guru biasa seperti Bpk/ibu yang mendapat tugas tambahan mengursi dapodik sekolah dan kepala lab.
akan tetapi semenjak bergabung di KBM ini paradigma saya mulai berubah.
belajar menulis hingga menerbitkan buku


sebelum tahun 2021 saya tidak pernah meraih juara
tapi semenjak bergabung di kelas KBMN prestasi saya mulai muncul




semenjak aptif di KBMN undnagan sebagai narsum pun mulai berdatangan

baik itulah gambaran awal saya mulai berprestasi sekarng saya akan masuk ke materi menulis
Menulis memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu
Saya yakin motivasi kita mneulis beraneka ragam
Awal saya menulis karena memiliki cita-cita ingin menerbitkan buku sendiri
alhamdulillah cita-cita itu terwujud
selesai belajar dari KBMN gel 10
saya berhasil menerbitkan buku 25 trik jitu menluis dan menerbitkan buku
kemudian semakin bersemangat hingga terbitlah buku berikut
buku saya kebanyakan dari tantangan menulis
buku ini tantangan menulis bersama Prof Eko

Antologi cerpen ini kegiatan lomba menulis bulan Februari selama sebulan tahun 2022 alhamdulillh meraih peringkat 9
buku ini berisi 30 cerpen tentang Tiara

Buku ini biografi Direktur eksekutif Bank BI wilayah Nusra Bali saya tulis launching bulan Juni kemarin

Buku ini berhasil saya terbitkan ketika mengikuti tantangan bersama Komunitas AISEI
Saya sengaja mengikuti Komunitas biar terpacu untuk menulis
selesai menulis saya mulai mencoba mengikuti kompetisi blog
alhamdulillah bisa meraih juara satu lomba blog di Indihome tingkat nasional dari ribuan naskah di blog itu suatu prestas yang tidak pernah saya duga
jujur kompetisi blog umum itu luar biasa sulitnya
karena para blogger nya sudah expert semua
Berikut ini tips menulis



Setelah merambah ke kompetisi blog saya mulai mengikuti kompetisi lainnya sayembara video maupun video pembelajaran
alhamdulillah minggu lalu saya menjadi pemenang sayembara video DTS Adarakarya 2023 yang diselenggarakan oleh BPSDM Kominfo Yogyakarta

Selain mengikuti kompetisi saya ulai merlirik beasiswa LPDP
Alhamdululah tahun 2022 saya menjadi peserta CS50x Harvard University
dan sekarang berkesempatan menjadi pendamoing peserta tahun 2023 yang SK nya langsung dari GTK Kmeendikbud

tahun 2022 dan 2023 saya juga bekesempatan menjadi peserta ALCoB Volunteer kerjsanama Kemendkbud dengan Kementrian Pendidikan Korea Selatan
Semua tidak lepas dari pendaftaran kemudian pengisian essay
berikuti ini tips dan trik menulis yang dapat saya bagikan



Itulah sebundel prestasi menakjubkan dari Narasumber, selanjutnya inilah sesi pertanyaan:

P1
Bismillah.
Saya Rosjida, peserta KBMN ingin bertanya :
Saya pernah mendapatkan tawaran menulis buku di suatu penerbit mayor dengan tema yg sudah dipilihkan dan terus terang saya jauh dari kata menguasai bidang/tema penulisan tersebut. Trus ada bbrp teman yg berkata bahwa gampang sih, tinggal pake AI, copas  jadi deh.
Bagaimana pendapat bu Rita tentang penulisan buku pakai AI?
Layakkah?
Apakah nantinya tidak dicek penggunaan AI dalam tulisan kita?
Dan bgmn secara moral kita sbg penulis yg membuat buku tetapi jauh dari kata menguasai?
Makasih byk bu Rita, Mbak Gina
Jawab: Salam kenal Bu Rosida ketika kita mendapat tawaran alhamdulillah berati kita sudah di anggap mumpuni. AI memang sedang merajalela seorang penulis sejatinya jika ingin dianggap karya tulisan itu miliknya maka harus ditulis sendiri dengan berbagai referensi dan research yang dilakukan. untuk pemanfaatan AI jika digunakan sebagai pemancing ide it's ok tapi jika untuk dipakai secara keseluruhan tentu saja menyalahi aturan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemampuan Penulis Menulis Buku Digital Satu Keniscayaan (Resume KBMN30 PGRI pertemuan ke-16)

Majalah Sekolah Sebagai Panggung Kreasi, Inovasi, kolaborasi dan Informasi (Resume KBMN30 PGRI pertemuan ke-11)

Pemasaran dan Teknik Promosi Buku menuju Motivasi Menulis (Resume KBMN30PGRI pertemuan ke-20)