Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa Membuat Mengajar Lebih Fleksibel


 Narasumber            : Bambang Purwanto, S.Kom., Gr., CPS., CPPS., C.Ed., MEP.

Moderator                : Ahmad Sholeh, S.Pd., Gr.

Materi                       : Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa


Pak Ahmad Sholeh sebagai Moderator mengucapkan Selamat Hari Guru pada pembukaan pertemuan ini. Selanjutnya Beliau memperkenalkan diri melaui laman Blognya, yang menarik ternyata beliau adalah seorang konten kreator angkatan 29 yang selalu mendapat rating tinggi dalam setiap kontennya.

Selain itu Moderator juga seorang penulis aktif di melintas.id bahkan sebelum melanjutkan ke materi Beliau memberikan tantangan untuk siapa tercepat mengetahui berapa artikel yang sudah Beliau tulis.

Selanjutnya Moderator memperkenalkan pemateri Mr. Bams, yang sebenarnya Beliau sudah banyak penulis kenal lewat tulisan-tulisannya di kompasiana, dan yang paling terdahulu saya kenal Beliau karena Beliau sebagai redaktor di satuguru.id yang diketuai oleh Bapak Ir. Aslam Isnawan yang penulis kenal baik sebelumnya.

Inilah paparan Pemateri:

A.

Setiap bapak ibu guru di kelas ini tentunya sudah tidak asing dengan blog , webblog atau website. Banyak sekali manfaatnya yang bisa kita optimalkan.  

B.

Sebagai guru Informatika/TIK SMP Taruna Bakti Bandung saya memanfaatkannya untuk membantu pelaksanaan proses pembelajaran. Siswa yang belajar dengan Mr. Bams dimudahkan karena bisa memanfaatkan penamrbams.id

C.

Inilah tampilan penamrbams.id bila dibuka menggunakan gawai


D.

Tampilan bila dibukan menggunakan laptop/komputer


Bila di geser kebawah tampilannya seperti ini


E. 

Saya menyiapkan tampilan untuk memudahkan setiap siswa per kelas dalam mengkakses pembelajaran yang saya buat. Caranya bisa klik 
1. Klik tanda bintang yang pertama
2. Klik menu pembelajaran kemudian pilih semester dan tahun ajaran yang sesuai
3. Klik banner sebelah kanan yang bertuliskan Informatika

F.

Tampilan seperti ini dengan link

https://penamrbams.id/pembelajaran-informatika-semester-ganjil-ta-2023-2024/

G.
Saya ambil satu Contoh kelas 8A, tampilannya seperti ini



Ini tampilan saat pembelajaran terakhir sebelum ASAS

H.
Setiap siswa diakhir pembelajaran diberikan kesempatan untuk mengisi Refleksi Diri. Tujuannya agar siswa bisa menyampaikan apa yang dirasakan saat pembelajaran dan memberikan masukan kepada saya. (poin 7)


I.
Link yang diisi oleh siswa akan masuk ke dalan google spreadsheet.

J.
Data yang ada di google spreadsheet di copy ke Excel di file yang sudah siapkan secara terus menerus datanya setiap minggu.

K.
Data di Excel diolah. Diurutkan berdasarkan abjad. Setiap siswa yang mengisi akan diberikan poin 15.

L.
Poin dikonversi ke nilai juga. Sebagai Contoh bila siswa di pertemuan Ke 1 hadir dan mengisi Refleksi Diri maka poinnya 15 dan Nilainya 100.

M.
Cara menghitung nilai adalah :
Poin yang diperoleh dibagi Total Poin sampai minggu ini dikaji 100.
Contoh :
Siswa A
Pertemuan 1 mengisi
Pertemuan 2 mengisi
Maka Poin =:30
Nilai (30/30)*100
Maka nilainya 100
Siswa B
Pertemuan 1 mengisi
Pertemuan 2 tidak mengisi
Maka Poin =:15
Nilai (15/30)*100
Maka nilainya 50




O.

Manfaat dari Refleksi Diri bagi saya sebagai guru bisa Mengetahui apa yang dilakukan di kelas. Contoh diatas saat saya harus mengerjakan tugas lain dan tidak berada di kelas, saya bisa tetap Mengetahui proses pembelajaran

P.

Setiap  postingan 1 halama untuk satu minggu. Minggu sebelumnya bisa dilihat di halaman sebelumnya.


Scroll ke bawah nanti ada angka 1,2,3 dst....itu halaman / postingan minggu sebelumnya.

Q.

Dalam pengelolaan data saya gunakan excel. Fungsi yang adalah vlookup untuk menghitung nilai dari poin refleksi diri yang diakumulasi setiap minggunya.

R.

Inilah tabe vlookup yang digunakan


Yang kiri poin
Yang kanan Nilai refleksi diri

S.

Nilai refleksi diri saya jadikan Nilai tugas sesuai kesepakatan diawal semester.

Jadikanlah blog/webblog/website yang kita miliki bisa menjadi penunjang proses pembelajaran. Silahkan blog penamrbams.id bisa dijadikan rujukan bagi yang membutuhkannya.

Terakhir saya menjadikan website untuk meminta feedback pembelajaran.

Hasilnya bisa dilihat disini

1. Perasaan siswa belajar bersama Mr. Bams

https://penamrbams.id/perasaan-siswa-belajar-bersama-mr-bams-di-semester-ganjil-2023-204/

2. Usulan pembelajaran buat semester depan

https://penamrbams.id/usulan-pembelajaran-semester-genap-2023-2024/


Rasanya cukup materi malam ini, selanjutnya bisa kita lakukan tanya jawab.
Saya kembalikan ke Moderator Mas Soleh yang luar biasa.

Pada sesi pertanyaan Penulis mengajukan : Pertanyaan besar saya, bagaimana memasukan semuanya (rumus, tampilan, menu, dll) kedalam blog kita? Terimakasih...

Jawab : Pa Agus Hendrawan yang berbahagia.
1. Untuk menghitung saya gunakan Excel
2. Untuk membuat menu setiap blog punya fasilitasnya. Platform saya wordpress saya menggunakan kategori Untuk menjadikan menu.

Dan itulah pertanyaan yang Penulis ajukan dan sekaligus membuka wawasan penulis dalam pemanfaatan blog sebagai alat bantu Kegiatan Belajar Mengajar.

Kesimpulan: Blog bisa digunakan sebagai media komunikatif belajar guru dan siswa dan membuat kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan, efektif, dan fleksibel.

Syukur, alhamdulillah sekarang penulis tinggal mempraktikannya. Terima kasih Mr. Bams, Moderator Pak Ahmad Sholeh dan tim solid KBMN30 pada umumnya. Semoga menginspirasi...









Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemampuan Penulis Menulis Buku Digital Satu Keniscayaan (Resume KBMN30 PGRI pertemuan ke-16)

Majalah Sekolah Sebagai Panggung Kreasi, Inovasi, kolaborasi dan Informasi (Resume KBMN30 PGRI pertemuan ke-11)

Pemasaran dan Teknik Promosi Buku menuju Motivasi Menulis (Resume KBMN30PGRI pertemuan ke-20)